Follow us on FaceBook

Sabtu, 14 Februari 2015

Cara Penggunaan Rumus Fungsi IF di Microsoft Excel

Berikut adalah cara penggunaan rumus fungsi IF di Microsoft Excel :

  1. Pertama tama anda dapat membuka Microsoft excel , baik yang sudah memiliki data atau anda dapat membuat tabel pada worksheet baru , misalnya tabel yang menyatakan lulus atau tidak lulus.
  2. Setelah itu anda dapat memasukan rumus logika misalnya akan menerapkan rumus dengan nilai 7 ke atas dinyatakan 'LULUS' sedangkan dibawah 7 'TIDAK LULUS', maka anda dapat membuat contoh logika simpel =IF(D3>6,9;"LULUS";"TIDAK LULUS")
  3. Sedangkan bagi anda yang memiliki dua data , misalnya kami contohnya mengenai laporan belajar yang terdiri dari ujian teori dan praktek maka anda dapat menggunakan rumus modifikasi , seperti =IF(D3+E3>=14;"LULUS";"TIDAK LULUS" , keterangan dari rumus untuk cell D3 atau E3 dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda,setiap nama kolom mungkin akan berbeda denga pencontohan yang kami berikan, anda dapat memahami terlebih dahulu penamaan kolom pada Microsoft excel.  Sedangkan untuk 14 merupakan standar kelulusan , ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda dalam memberikan standar untuk lulus atau tidak lulus.
Dengan memahami fungsi rumus IF maka anda dapat memulai mengerjakan hal lain yang ternyata pas jika diterapkan dengan rumus seperti ini sehingga membantu anda dalam pengoperasian yang lebih cepat. Itulah tadi penjelasan mengenai langkah-langkah menggunakan rumus IF pada microsoft excel , semoga dapat membantu anda dalam mengoperasikan Microsoft excel.

Tidak ada komentar: